Ruang Lingkup Sumberdaya Alam

Sumberdaya alam mencakup semua pemberian alam di bawah atau diatas bumi baik yang hidup maupun yang tidak hidup. Pengertian sumberdaya alam meliputi semua sumberdaya dan sistem yang bermanfaat bagi manusia dalam hubungannya dengan teknolgi, ekonomi dan keadaan sosial tertentu.

Definisi itu berkembang dan sekarang mencakup sistem ekologi dan lingkungan (environment). Secara garis besar sumberdaya alam dapat digolongkan menjadi: tanah pertanian, tanah hutan dan hasil-hasilnya; tanah yang khusus untuk keindahan dan rekreasi serta tujuan ilmiah; ikan-ikan tawar maupun ikan air laut, bahanbahan mineral minyak maupun nonminyak; sumber energi nonmineral yang dapat diperbaharui seperti matahari, gelombang aut, angin sistem geothermal, sumberdaya air dan sebagainya.

Setelah lepas dari alam dan dikuasai oleh manusia, maka sumberdaya tersebut disebut sebagai barang-barang sumberdaya (resource commodity). Dari definisi di atas menjadi jelas bahwa yang kita ketahui tentang suberdaya alam tergantung pada keadaan alam, tingkat teknologi saat ini maupun yang akan datang serta kondisi ekonomi maupun selera.

Penggunaan sumberdaya meliputi konsumsi langsung seperti konsumsi ikan segar, air, rekreasi di luar rumah, kayu bakar untuk masak; sebagai masukan untuk pengolahan seperti bijih besi, bijih tembaga bai industri peleburan besi dan tembaga; sebagai konsumsi untuk pengolahan leih lanjut, seperti bahan bakar dikonsumsi dalam pabrik dan angkutan, penggunaan pada tempanya seperti taman, daerah cagar alamdan sebagainya. Dapat juga pengelolaan sumberdaya untuk tujuan bermacam-macam seperti pengolahan hutan untuk perkayuan, watershed (sumber air) dan rekreasi.

Adanya sumberdaya alam dapat dilihat dalam arti stock atau persediaan yang ada pada suatu saat (reserve) atau aliran (flow) dari barang-barang sumberdaya atau jas yang dihasilkan oleh stock sumberdaya tersebut. Stock atau reserve menunjukkan apa yang diketahui tersedia bagi pengunaan sepanajang waktu yang akan sedangkan aliran barang dan jasa menunjukkan bahwa barang dan jasa sedang dimanfaatkan.

Beberapa sumberdaya alam dapat diperbaharui secara alamiah ataupun dengan bantuan manusia, sedangkan yang lain tidak dapat diperbarui. Matahari, angin, gelombang laut, tanah pertanian, hutan, perikanan, udara dan air permukaan merupakan sumberdaya yang dapat diperbaharui (renewable resources).

Dapat diperbaharuinya suatu sumberdaya sering tergantung pada cara pengelolaan yang tidak merusak, seperti terhadap tanah-tanah pertanian, perikanan, dan pembuangan sampah, karena beberapa perubahan terhadap sumberdaya alam tidak dapat dikembalikan lagi (irreversible).

Tersedianya sumberdaya alam tergantung pada tersedianya teknologi, tingkat biaya dan kendala-kendala sosial. Misalnya alumunium terdapat dalam bijih-bijih selain bauksit, baru akan akan bermanfaat bila ada penemuan teknologi yang diperlukan. Produksi bahan mineral dari air laut adalah relatif terlalu mahal.

Eksploitasi sumber mineral dekat kota atau penebangan hutan seringkali tak dilaksanakan karena ada tekanan sosial atau undang-undang yang tidak menghendaki ditebangnya hutan tersebut. Sumberdaya alam harus dipandang sebagai bagian sistem secara luas. Jangan sampai pengolahan suatu sumberdaya akan merusak jenis sumberdaya lain.

Penggalian tambang batu bara mungkin menyebabkan aliran air tanah, sungai dan sumur-sumur menjadi kering untuk selamanya. Acid dari belerang bila terbuka dan kena air hujan akan mengotori sumber-sumber air dan membunuh tanaman serta ikan.

Leave a Reply