Konsep Interaksi Sosial

Interaksi Sosial

Interaksi Sosial

Pernahkah terpikirkan oleh kalian dapatkah kalian hidup tanpa membutuhkan orang lain? Apakah kalian sanggup hidup tanpa kehadiran orang lain? Apakah kalian sanggup memenuhi kebutuhan-kebutuhanmu sendiri tanpa kehadiran orangtua dan saudara-saudaramu ?

Sebagai manusia kita membutuhkah orang lain. Bahkan ketika kita matipun, kita masih tetap membutuhkan orang lain. Siapa yang akan menguburkan kita, tentu orang lain. Kita memang tidak sanggup hidup sendiri tanpa kehadiran orang lain. Ada ketergantungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain.

Itulah sebabnya manusia disebut sebagai mahluk sosial. Karena adanya saling ketergantungan antar manusia yang satu dengan manusia yang lain maka terjadilah hubungan timbal balik atau sering disebut dengan interaksi sosial. Interaksi ini dapat terjadi antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok. Melalui interaksi sosial akan terjadi saling pengaruh mempengaruhi atau yang sering disebut dengan pengaruh timbal balik.

Interaksi sosial adalah proses di mana orang-orang yang menjalin kontak dan berkomunikasi saling pengaruh mempengaruhi dalam pikiran dan tindakan. Interaksi sosial terjadi antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok. Yang terpenting dalam interaksi sosial adalah pengaruh timbal balik.

Leave a Reply